..

..

Whois Online?

Sunday, June 29, 2008

Video Ki Hadi Sugito di Youtube

Ki Hadi Sugito adalah dalang yang cukup legendaris di Yogyakarta. Di tangan Ki Hadi Sugito wayang seakan hidup karena kepandaiannya dalam menciptakan olah dialog sehingga wawancara antara tokoh wayang seolah hidup seperti dalam kehidupan nyata. Kelebihan itu terasa nyata apalagi apabila kita mendengarkannya dalam versi audio.

Masa kecil saya di Kulonprogo Yogyakarta, masa remaja dan dewasa di Kebumen serta Kodya Yogyakarta, dengan latar belakang keluarga yang memang pecinta seni membuat saya begitu dekat dengan sosok Ki Hadi Sugito. Bagi saya Ki Hadi Sugito adalah dalang yang paling ideal, diantara dalang-dalang lainnya di Yogyakarta.

Cerita yang paling membekas adalah Guarso-Guarsi, karena itu yang saya tahu pertama kali, mungkin waktu itu umur saya 3-4 tahun, dan saat itulah saya mulai mengagumi wayang kulit. Saya saat itu sering mendengarkan dengan menggunakan Tape Phillip milik Bapak saya dan kadang-kadang disambung ke horn, maklum Bapak saya dulu mempunyai usaha penyewaan sound system.

Kini Ki Hadi Sugito telah tiada. Bulan Januari 2008 Ki Hadi Sugito telah menghadap Tuhan Yang Maha Esa. Hal tersebut yang mendorong saya untuk meng-upload salah satu videonya ke situs Youtube. Video tersebut terdiri dari 35 file, versi lengkap walaupun di bagian akhir agak terpotong karena faktor teknis. Saya berharap semoga ada kawan lain yang dapat melengkapinya. Bagi penggemar dalang Ki Hadi Sugito, silahkan klik di sini untuk menyaksikan video tersebut dan menuju channel saya di Youtube !

Saya berharap dengan adanya video tersebut, kita masih dapat menyaksikan kiprah Ki Hadi Sugito walaupun hanya melalui rekaman video di jagat maya. Dengan demikian semoga kita para penggemarnya akan selalu mengenang dan mendoakannya sebagai bekal dan tambahan amal beliau di alam sana. Akhirnya saya ucapkan selamat menyaksikan dan mengenang kepiawaian almarhum Ki Hadi Sugito dalam mementaskan wayang kulit !


Salam dari Serpong,

Pajecko

2 comments:

blognya masekoww said...

waduh matur nuwun tak terkira atas diuploadnya wayang kulit pak gitonya saya kebetulan juga penggemar bahkan dulu untuk nonton ajah harus jalan kaki berkilo2..... moga2 kalo ada lagi boleh juga nih...

goblokku said...

jika berkenan mbo saya di kirimi audio visualnya mas?nanti kita ganti biaya untuk CD dan ongkos kirimnya,kebetulan saya asli jogja, critane sdang koleksi karya2 ki hadi sugito kebetulan ada rekan2 di bloger yang jd pendemen Almarhum juga..
Matur Nuwun
Cahyo : antilooser_18@yahoo.com