..

..

Whois Online?

Monday, July 28, 2008

Cara men-share Fastnet ke LAN / WIFI

Artikel ini merupakan sambungan artikel sebelumnya yang berjudul "Fastnet Internet Murah dan Oke!". Nah saya jelaskan sekarang mengenai cara men-share fastnet ke LAN/WIFI dengan bantuan Router sehingga kita dapat memiliki jaringan hotspot di rumah.

Langkah-langkah untuk men-share Internet Fasnet adalah sebagai berikut :

Pertama, Belilah Router, yang merupakan sebuah alat yang dipakai untuk men-share internet. Tetapi jangan sembarang router, karena anda harus membeli router yang mempunyai kemampuan untuk men-cloning MAC (Media Acces Control) Address atau di windows dikenal dengan istilah Physical Address. Kenapa demikian? karena jaringan Fasnet menggunakan MAC Address ini untuk menandai komputer anda yang berhak terkoneksi ke Internet. Setelah MAC Address dikenali baru kemudian komputer anda akan mendapatkan Internet Protocol Otomatis (IP Automatic) yang artinya komputer anda telah lolos verifikasi untuk mendapatkan akses jaringan internet dari Fastnet. Berkaitan dengan kemampuan cloning MAC Address tadi, mungkin anda bisa membeli Router merk Linksys WRT54G karena menurut pengalaman saya settingnya mudah dan cukup handal serta ekonomis. Contoh gambar router tersebut adalah sebagai berikut :



Gb. Router Linksys WRT54G


Kemudian setelah anda sudah mempunyai router tersebut, hubungkan Router anda dengan Modem Fastnet dengan konfigurasi sebagai berikut :



Gb. Skema konfigurasi jaringan antara modem Fastnet dan Router


Setelah itu carilah MAC Address komputer anda, dengan cara masuk ke menu command prompt atau tuliskan "cmd" di menu Run terus tekan Enter. Setelah itu ketikkan "ipconfig/all" terus tekan Enter. Setelah itu jika langkah anda benar, akan muncul seperti tampilan di bawah ini.



Gb. MAC Address pada mode Command Prompt (CMD)


Langkah selanjutnya perhatikan tampilan tersebut dan cari angka-angka yang sejajar dan ada di sebelah kanan dari tulisan Physical Address. Nah, deretan angka-angka tersebut yang disebut MAC Address. Sesuai dengan Gb. tersebut di atas MAC Addressnya adalah : 00-16-E3-6E-5D-2B. Kalau anda tahu LAN Card atau kartu jaringan, maka MAC Address adalah kode fisik dari kartu jaringan anda.

Langkah terakhir masukkan angka-angka tersebut ke fasilitas "clone mac address" yang ada di Router anda, sehingga oleh Fastnet, Router anda dianggap seolah-olah sebagai komputer anda yang telah mempunyai hak akses jaringan internet tadi. Bagaimana caranya? baca user manual router anda ! Saya yakin anda bisa ! Dengan router ini anda punya potensi men-share internet ke maksimal 254 buah komputer.


Selamat Mencoba,

72 comments:

Unknown said...

Wah saya lagi cari2 artikel seperti ini.. thanks for share :).
Kalo boleh tau harga router dlink nya itu berapaan? Apakah masih memerlukan modem dari FastNet nya sendiri ato langsung pakai router dlink nya saja?
Terima kasih

pajecko said...

Hello Mas, Salam Kenal! Kalau tidak salah harganya sekitar 50$ US, ya sekitar 500 ribuan lah, bisa naik turun. Masih perlu modem dari Fastnet Mas, jadi seperti skema yang saya tampilkan. Router ini sifatnya sebagai tambahan. Oya yang saya sudah coba pakai router Linksys bukan Dlink. Tapi mungkin Dlink juga bisa yang penting ada fasilitas untuk memasukkan kode-kode MAC Address, supaya router tersebut bisa berfungsi layaknya virtual computer sehingga dikenali Fastnet.

Salam,

FLan said...

Mas, kalau ngeshare fastnet tanpa menggunakan router bisa tidak? Di rumah saya sudah terlanjur ada jaringan LAN dengan sebuah switch, bisa tidak koneksi fastnet tsb dishare ke semua komputer di jaringan (dengan ICS windows) ?
Thanx

Unknown said...

bukannya yang dicatat ama fastnet itu mac address modemnya yach (biar ga bs diganti dgn modem cable yg lebih kenceng), soalnya aku punya 3 komputer (3 mac address berbeda)dan tiap mau konek inet langsung colok kabel utpnya ke nic, berhubung ga punya switch dan hub maka kabel utp dr modem dipakai bergantian dan ga ada masalah sih, jadi klo routernya lsg disambung ke modem pake utp tanpa merubah mac address kayaknya bisa d

pajecko said...

Wah, ternyata banyak komentar yang belum terbalas, Sorry kalau telaaat banget. Buas Mas Iqbal bisa mas nggak ada masalah, pakai proxy wingate atau yang lain juga bisa, hanya masalahnya kan harus ada salah satu komputer yang selalu on untuk jadi server, supaya internet online 24 jam. Buat Mas Frans, mungkin saja ada perubahan kebijakan setting di first media yang saya nggak tahu, yang jelas untuk jaringan saya di rumah begitu statusnya. Kalau memang MAC Address modem yang direcord, ya berarti asal colok ke router bisa tershare, tidak perlu clone MAC Address lagi ...

Tunggul said...

Halo,
Saya hari ini beli Linksys WRT54G2 V1, model barunya sekarang warna hitam tanpa antena.
Saya sudah coba samakan IP address router dengan IP address Fastnet, tapi masih gak bisa. Lalu saya sudah coba pake MAC address clone yang ada di router, lalu saya coba connect internet lagi tapi masih gagal.
Apakah ada pengaruh modem fastnet? saya pake paket yang 100rb perbulan, dan beli modem dari fastnet dengan tipe "Scientific Atlanta 2100".
Mohon bantuannya.
Terima kasih

pajecko said...

Sepertinya IPnya nggak perlu disamakan dengan fastnet kok, yang penting hardwarenya kebaca sama oleh fastnet, dengan cara menyalin MAC Address NIC di komputer dan disalin ke router. Nanti IPnya kan dapat otomatis dari fastnet karena server fastnet kan pakai mode DHCP. Clone MAC Addres otomatis mungkin bisa gagal tapi bisa dituliskan manual kan? Terus sebelumnya udah pernah bisa kan Pak? Emang router yang lama rusak?

Tunggul said...

Saya sudah bisa sharing fastnet pake Linksys (tipenya sama) di rumah. Waktu itu saya hanya merubah Local IP address yang di router (lewat menu Setup - Basic Setup) disesuaikan dengan IP fastnet. Saya belum pernah setting pake MAC address, maklum saya masih sangat pemula. Gak taunya langsung bisa connect... :)
Hari ini ada saudara saya yang punya fastnet dan minta saya sharingkan.... Jadi saya pake metode yang sama...tapi koq gak bisa yah...
Routernya (yang baru) saya bawa ke rumah untuk saya coba, ternyata di rumah saya tidak ada masalah (tetap dengan metode ganti IP).
Boleh minta saran? terima kasih sebelumnya

Eternity Calls said...

Halo Pajecko,

Saya ini sudah melaksanakan seluruh tahap yang anda tulis. Saya menggunakan WRT54G2 dan Cable Modem Motorola. Tetapi masih gagal.

Sepertinya masalahnya ada di bagian internet dari router sy, berarti karena MAC address.

Pd saat itu juga saya mendapat nasehat dari teman saya bahwa:

"Intinya MAC Address yang di register sm fastnet harus sm dengan MAC Address router"

Berhubungan MAC Address yang di register oleh fastnet adalah MAC Address modem sy, bisa saja karena perbedaan ini.

Sehingga sy telpon firstmedia lalu meregister MAC Address LAN CARD PC Desktop sy.

Apakah ini langkah yang benar?

pajecko said...

Benar Mas, setelah PC Desktop anda bisa connect ke fastnet, langkah selanjutnya salin MAC Address yang ada di LAN Card PC anda tersebut,dan diisikan kodenya ke router pada kolom isian di fasilitas clone MAC Address router anda. Sehingga meskipun yang connect adalah router anda, sistem fasnet akan mengenalinya sebagai PC Desktop anda yang sudah teregister ke jaringan fastnet tadi. Selamat bereksperimen !!

Unknown said...

saya ingin menanyakan bagaimana jika mac addres pd modem dan yg di lan card berbeda..(pengecekan pd http://192.168.100.1/ dan cmd)
mac addres yg mana yg saya clone di router, dan setau saya pada pemasangan yg di catat adalah mac addres yg di modem..
trima kasih...

salam

PUTRA PETIR said...

halo pak..

saya sudah melakukan langkah2 yg bapak ajarken..dari mulai pasang kabel2...trus masuk ke run - cmd..catet nomornya..trus MAC Address Clone juga udah....dengan antusias saya nyalakan laptop saya..saya nyalaiin wifi nya..eh malah gak bisa konek tuh pak..

mohon pencerahan ..apa ada langkah yg terlewat..

pajecko said...

Sorry telat menanggapi ...Untuk Mas Ade, MAC Addres antara modem dan LAN Card memang beda, karena MAC Address itu kan kode fisik hardware, yang tiap hardware tentu beda. Jadi yang dipakai adalah MAC Address Lan Card.

Untuk Mas Jesse, untuk konfigurasi LAN di router di set DHCP ON kan Mas? Dengan asumsi DHCP ON, ketikkan IPCONFIG juga pada CMD laptop anda supaya mendapatkan IP Otomatis dari router. Setelah itu lakukan PING ke no IP router anda dari laptop untuk memastikan bahwa komunikasi antara Laptop dengan Router sudah berjalan dengan baik. Setelah itu cobalah akses internet dari laptop anda. Contoh PING ke router misal IP Router adalah 192.168.1.1 = PING 192.168.1.1 terus tekan enter. Selamat bereksperimen !

123z4 said...

salam kenal mas...
saya mau nanya klo pake router linksys tipe WAG54G bisa ga untuk share fastnet??

123z4 said...

sebelum y terima kasih y..

mohon tanggapan y..

^_^..............^_^

123z4 said...

klo mau lihat gambar y,,mas bisa lihat disini...
http://www.yotang.com/images/m/21/a62f75ba4a30fcea37be88c111ae3891_m.jpg

123z4 said...
This comment has been removed by the author.
pajecko said...

4 : Mas Reza ...

Mas, sorry kalau telat jawaban saya. Mas WAG54G itu gabungan antara modem ADSL dan Router. Ini kalau di Indonesia dipakai untuk Speedy. Sedangkan WRT54G lebih universal karena bisa untuk Speedy atau Fastnet, tapi minus modem, jadi modem harus beli terpisah. Seangkan Linksys BEFCMU10 merupakan router LAN minus WIFI sehingga tentu bisa untuk share internet juga, tapi tidak ada fasilitas WIFI. Semoga membantu !

123z4 said...

jadi linksys BEFCMU10 itu hampir mirip kyk modem dari fastnet x y??
betul ga mas??
jadi klo saya mau beli modem linksys yg bwt share internet fastnet..bagus y beli model yg kyk pny mas tipe WRT54GL ap linksys tipe lain??

123z4 said...

jadi linksys BEFCMU10 itu hampir mirip kyk modem dari fastnet x y??
betul ga mas??bisa di share y dgn lan card klo kita ga pny router y..

jadi klo saya mau beli modem linksys yg bwt share internet fastnet..bagus y beli model yg kyk pny mas tipe WRT54GL ap linksys tipe lain??

123z4 said...

sore mas,,mau nanya donk!!
klo saya sudah pny linksys kyk pny mas..
jangkauan wireless y berapa jauh yah??

thx..

123z4 said...

sore mas,,mau nanya donk!!
klo saya sudah pny linksys kyk pny mas..
jangkauan wireless y berapa jauh yah??

thx..

AnekaMulia said...

Mau tanya mas. Dikos saya juga sudah pakai Fastnet dan di share, kata teknisi dikosan saya tinggal pasang aja kabel LAN ke hub yang disediakan gak usah setting apa2 udh langsung bisa. Pertama saya pake OS Vista memang langsung bisa tapi kok pas pake laptop temen yang XP jadi internetnya gak bisa dipake cenderung lambat banget..ada solusi mas untuk masalah ini?? Thanks before

pajecko said...

4 : Mas Adi

Maksud Mas, di kos share internetnya sudah diset sama teknisi kosan, jadi sudah disediakan hubnya tinggal colok? Terus pada saat laptop with Win XP OS dicolok jadi lambat atau mati sama sekali? Kalau lambat ada kemungkinan di XPnya banyak virus yang selalu request ke jaringan internet. Ingat bahwa upstream dari jaringan fastnet cuma 64 Kbps, bukan 384 Kbps, jadi ada satu dua virus kerja (melakukan illegal request) sudah cukup menyulitkan ...

Cara men-testnya, coba tutup semua web browser di XP, terus klik LAN Tray pada kanan bawah layar. Kalau masih request, padahal semua web browser posisi close, berarti yang request virus/spyware atau software-software auto updated yang kadang-kadang malah mengganggu. Solusinya install ulang aja Win XP dan format ulang juga drive C-nya terus pakai antivirus yang bagus. Jangan lupa sebelumnya back-up semua data. Silahkan dicek dulu ! Salam !

Unknown said...

Saya pakai router linksys WRT54G2 ingin connect ke internet pakai fastnet Saya telah melakukan langkah2 seperti terdapat di artikel ini, anehnya khusus skype bisa connect, tapi buka alamat yang lain di browser tidak bisa, knapa ya mas?? apa dari pihak fastnet diblok. tanks

ANDRA said...

Hari sabtu (28 feb 09) abis beli Router Linksys Cisco tipe WRT54G2 seharga US$50 (Rp.615.00). Sebelum beli gw tanya dulu ama yg jual; apa bisa utk sharing fastnet? dia jawab bisa. Lalu dia kasih petunjuk2 praktis pada dasarnya ikutin petunjuk dari manual book nya aja.
Setelah gw ikutin petunjuk dari manual book nya eh emang berhasil gw laksanakan ;)
Sekarang dirumah udah bisa share internet, gak usah cabut2 kabel lagi, mana dirumah pake 2 laptop. Jadinya Gw & istri gak rebutan kabel LAN lagi.

Unknown said...

bagusan tipe LINKSYS WRT54GL atau tipe LINKSYS WRT54G2 yah? apa bedanya hanya di yg satu ada antena dan yg satu ga ada antena?
mohon masukkannya..thx

pajecko said...

Mas "Koswara", sorry karena kesibukan saya, saya jadi telat banget jawabnya. Mestinya nggak terjadi mas, karena default settingnya router linksys tuh semua port termasuk www udah di open, khusus untuk PnP aja mesti di set manual. Untuk Mas "Eight" sama aja kok, cuma bedanya yang satu antenanya nongol yang satu menyatu di casing. Analoginya dulu ada HP yang pakai antena, terus lama2 nggak ada.Sama aja kan?

Jason Wahono said...

Halo!
Saya cuman mau menanyakan jika saya beli modem linksys WRT54G2 (Keluaran Terbaru), apakah seting2nya sama persis dengan WRT54G biasa??
Mohon dijawab secepatnya yaa..
Thx!!! ^^

pajecko said...

Halo juga Mas Jason !
Sama kok Mas ...
Silahkan dicoba !!

Unknown said...

Saya mau tanya donk, sebenarnya inti dari setting fastnet agar bisa di share adalah mengcloning mac address komputer ke mac address router bukan begitu? boleh minta tolong agar cara setting share fastnet ini ditulis dari awal berurutan donk. jujur saya masih bingung juga mas.oya, kalo kita share fastnet, dari pihak firstmedia bakal tahu nggak?thanks atas balasannya....by : Agung di klapa gading

pajecko said...

@ Mas Agung (Yudho)-Kelapa Gading : ya begitulah kira-kira. Sebenarnya udah urut kok, cuman memang anda harus sambil membuka manual router anda, supaya paham yang saya jelaskan. Bingungnya di mana Mas?

Sejauh tidak untuk komersil (dishare lagi ke pihak lain, walaupun sebenarnya tidak diperbolehkan oleh First Media), kayakny asih kita masih memounyai argumen yang kuat.

Saya sendiri men-share Fastnet dengan Router WIFI dari minggu pertama pasang dalam rangka fleksibilitas dan mobilitas (bukan komersil), karena saya lebih seneng nge-net dengan notebook dan pinginnya pindah-pindah. Disamping itu routernya saya berdayakan juga sebagai LAN di rumah untuk sharing file dan printer. Salam

nisyalalaa said...

mau nanya mas, "Disamping itu routernya saya berdayakan juga sebagai LAN di rumah untuk sharing file dan printer". itu maksudnya gmn ya? definisi sharing file dan printer itu kyk gmn ya??. tks.

Unknown said...

untuk settingan IP routernya gimana?
dibiarkan defaul za? 192.168.1.1?

rencanana nya saya mau pale linksys

123z4 said...

halo ap kabar mas pajecko,,pa kbr??
mau tny lg donk klo saya menggunakan tp-link TL-SF1016D bisa tdk utk share fasnet??

terima kasih!!

pajecko said...

@ Mbak Nisa : sharing file dan printer tuh artinya satu hardisk atau printer bisa dipakai rame2 oleh banyak komputer yang terhubung ke jaringan untuk nyimpan file dan print out
@ Mas Rihart Manurung : default oke, dirubah juga oke. Nggak masalah Mas !
@ 123z4 : Asal ada fasilitas untuk cloning atau isi MAC Address pasti bisa ..

radit said...

halo
mas saya mau tanya nih..saya di rumah juga pakai wifi dengan internetnya fastnet, saya udah coba setting basic bgt dengan menggunakan CD dari wifi linksys nya, setelah itu alhasil laptop saya bisa konek dan browsing, yang mau saya tanyakan tapi kenapa dengan handphone tidak bisa konek ke wifi nya ya mas???saya coba handphone teman jg tdk bisa,,lalu setting wifi nya saya coba untuk tidak pakai security baru HP saya bisa konek tapi itu jg tidak lama akan terputus lagi..mohon bantuannya mas

123z4 said...

mas pajeko,,saya mau tny lg nih..
saya sdh bisa utk clone mac y,,tp kok setelah dipakai bersamaan jd lemot n suka ga connect di salah satu PC y??saya menggunakan tp-link TL-SF1016D..
tp klo saya bandingkan share dgn mnggnkn 2 lan card dan kbl cross lbh bagus tuh tanpa hrs clone mac cm rbh ip y saja..tdk lemot n ga putus2x!!

mohon pencerahan y klo kita pakai clone mac biar ga lemot n ga suka putus2x bagaimana yah??

terima kasih!!

Unknown said...

mas, itu harus pke router merk linksys ya? saya beli yg merk belskin..saya coba, tpi ga bs..

pajecko said...

@ Mas Raditya : anda pakaiHP apa ya? soalnya saya pakai Nokia N63 nggak masalah tuh, sistem security-nya macem-macem kan mas, coba aja satu-satu.
@123z4 : yang pasti memang kabel akan lebih stabil dibanding WIFI. Untuk Wifi Adapter yang ekonomis memang kurang stabil Mas, mungkin itu terkait chipsetnya.
@ Yessica : Routernya bebas sih, apa aja. Hanya pengalaman saya router linksys relatif mudah disetting

123z4 said...

mohon maaf mas saya ralat utk pertanyaan saya..
saya menggunakan switch hub tp-link TL-SF1016D sblmnya kemarin dan skrng saya juga sdh coba menggnkn router linksys sama aj..pdhl saya sdh clone mac address dan menggnkn kbl straight??
setelah dipakai bersamaan ttp aj lemot n suka ga connect di salah satu PC y??

salah dmn y donk??

edwin said...

mas pajecko: Sy mau bikin share buat di tiap2 kamar kos2an yg jumlahnya 15 pc. klo dr router sambung ke hub bisa gak buat sharingnya soalnya router kan cuma share max 4 pc aja. thx b4. atau dr mocem fastnet langsung ke hub bisa gak? mohon pencerahannya...

edwin said...

mas pajecko: Sy mau bikin share buat di tiap2 kamar kos2an yg jumlahnya 15 pc. klo dr router sambung ke hub bisa gak buat sharingnya soalnya router kan cuma share max 4 pc aja. thx b4. atau dr mocem fastnet langsung ke hub bisa gak? mohon pencerahannya...

Unknown said...

Mas Pajecko, saya mao tanya kabel LAN yang dari modem Fastnet ke Router itu pake kabel LAN yg mana ya ?

Kalao tidak salah kan ada 2 macem kabel LAN.
Terima Kasih

ZEEZEE said...

pajecko..saya mw bertanta ..skr kan saya menggunakan fastnet yg 384...bagaimana koneksi yg saya dapatkan kalau saya share ???sedikit berkurang atau akan jadi sangat lemot ya ???terima kasi sebelumnya..

Anonymous said...

Ada yang lebih murah. Cuma pakai hub 8 port atau 16 port. Terus pakai software KMAC gratis cari di mbah Google. Bisa sharing fastnet sebanyak-banyaknya ...

angelarts said...

klo pake OS mac caranya gmana ya ?
soalnya klo pake speedy kan otomatis lgsg bisa network..tapi sekarang pake fasnet malah satu kompi aja yg bisa online

thanks b4

Kang Romly said...

saya juga cara cara share file dengan PC dan Notebook/laptop,saya pake wireless Router merk bluelink trus share nya pc dan pc saya pke hub gmn ya mas..tolong deh di kasih pencerahan ya...thank? atau krim ke emailku aja di one.kliknet@gmail.com

2000EXPO said...

Coba Cara Clone ini, kiranya membantu www.tiny.cc/cisco1

Abe said...

Saya mau nanya mas, Saya menggunakan Fastnet dari First Media 512Kbps, terus saya mau buat hotspot kecil-kecilan, saya sudah beli antena omny + nano station 2 (sebagai akses point). Kemudian Nano Station 2 sdh saya install sesuai petunjuk, akan tetapi ketika saya sambungkan ke modem wifi terdeteksi tetapi saya gak bisa akses internet. saya tidak menggunakan router. jadi sistemnyaseperti ini; Antena Omny---Nano Station 2---Modem.

Mohon pencerahan, terimakasih..

pajecko said...

@ Mas Agung : Coba cek di Nano Station 2 nya ada fasilitas clone atau add MAC Address nggak? Coz First Media memproteksi jaringannya dengan MAC Address, maksudnya satu ID supaya hanya bisa digunakan untuk satu komputer.

Abe said...

Pajecko yth..; Di NS2 ada fasilitas "Ad MAC", bahkan MAC adress utk LAN maupun Wireless nya sudah saya add, di icon wifi juga sdh terbaca conected tetapi ketika akses tetap gk bisa, hmm... adakah solusinya...??

pajecko said...

@ Mas Agung : Hmm... kayaknya ada salah persepsi mengenai MAC Address yang saya maksud. Klu MAC Address untuk LAN dan Wireless yang anda maksudkan itu sebenarnya buat proteksi jaringan anda sendiri ke client-2 NS2. Sedangkan jaringan First Media memerlukan router yang bisa mengkamuflase, sehingga seolah-olah router tersebut adalah PC yang MAC Address kartu jaringannya (LAN Card) telah teregister di servernya First Media. Jadi fasilitasnya adalah "Clone Mac Address". Dalam kasus First Media, LAN Card menjadi penting mas, bahkan klu nanti PC Mas LAN Cardnya rusak, dan diganti dengan LAN Card baru, tidak serta merta langsung terkoneksi ke First Media setelah instalansi. Tetapi Mas harus minta First Media untuk me-reset jaringan Mas, sehingga Mas dapat register ulang dengan LAN Card yang baru, meskipun PC-nya tetap PC yang lama.

Abe said...

Pajecko yang terhormat;.... ohhh...., jadi intinya saya tetap perlu menggunakan router ya mas..?? atau tidak perlu router??, terus kalo pake router, router yang seperti apa? apa router biasa atau router board.?? thanks...

Unknown said...

Dear Mas Pajecko, hallo nih mas saya penasaran juga koneksi router saya menggunakan Siemens Gigaset SE361 WLAN nah kemarin2 saya setting berjalan dengan mulus baru hari ini saja kok ga bisa tershare ke pc/laptop di rumah padahal kalau lihat di status koneksi sudah connected dan IP address Fastnet pun sudah keluar namun di PC dengan WLAN gak mau konek case sama juga di macbook saya ngak mau konek mas. Mohon pencerahan dan hubungi saya di gmichaeldjo@yahoo.no mohon bimbingannya juga nih...

Terima kasih

Mike Djojo

TERMINAL COMPUTER said...

Dengan hormat,
met pagi, mo nanya nih benerin modem linksys befcmu 10 dimana bisa service? makasih sebelumnya.

Salam,
Joe
021 70721688

sharif said...

Mas,
cuma mo nambahin aja..hari ini gw ngangkat router LINKSYS WRT120N sharga 400rb pas di ambas jkt..install ngikutin petunjuknya, reset modem motorola yg gw beli dr fastnet..wuuzzz, lgsung connect wirelessnya..mudah n simple mas tnpa langkah2 yg mas jabarin..apa krn beda tipe routernya yah??

Jecko Emji said...

Mungkin karena fastnet udah ubah settingan di servernya, sehingga nggak perlu MAC Addres lagi, Mas.Pada dasarnya clone itu diperlukan hanya, supaya nggak perlu ribet2 kontak orang Fastmedia buat me-reset jaringannya. Soalnya dulu kan fasilitas share ini agak-agak dirahasiakan.

daenk88 said...

keren neh artikel.

bgtu baca > langsung coba > langsung bsa.

tpi kendalanya, speed jadi lemot, mgkin krna kebagi

tp gpp, thx mas bro

Jecko Emji said...

Bro zzaw_daenk : sama2 Mas Bro :)

Nizam Fatih Abarra said...

Mas Pajecko saya mau nanya nih, kenapa modem cable cisco 2100 slot kabel lannya tidak bisa dipakai untuk internet sedangkan kalau pakai usb bisa, tolong pencerahannya agar slot kabel lan yang ada di modem bisa untuk internet, karena rencananya saya mau memakai wifi


Terimakasih

pujosundoro said...

wah mau kasih testimoni buat pajecko.. it's work on me... trima kasih udah kasih tahu infonya di blognya mas... kebetulan ane pake LINKSYS WRT54GL trus ane ikutan semua petunjuk di buku manual dan dari sini ternyata berhasil..

keep sharing ilmunya yah :)

e21s said...

mas ijin share ... saya pake TP-LINK ETHERNET ROUTER WRT340G Incl WIFI 54K, dengan harga Rp. 135Rb saja, saya bisa share rumah dengan menggunakan ISP Fastnet. tetapi kenapa kalo download suka gak stabil. saya menggunakan speedtest.net, ping 16 pas download ping menjadi 204.. mohon arahanya mas.. dan pada menginstal router saya tidak perlu seting K-Mac(kloning mac) tetapi saya setting default saja sudah bisa..

blogspot_ekorust.com said...

gw udah coba gan,,BERHASIL..kompi gw 2 2nya terkoneksi k internet..
tapi KLO buat MAIN game Point BLank 2 2nya bisa, tapi sayang ga bisa 1 room ,,,Skema gw ::
Fastnet-->TPLink wireless --> HUB/switch --> Kompi 1 dan 2...
ada usul ?? TQ

Gogobone said...

Halo Pak Jecko,
saya baru pasang fastnet, wireless router d-link. Saya sudah mengikuti petunjuk Anda, konek fastnet modem dengan router, komputer dengan router. DHCP enabled. Tapi komputer saya mendapat IP bukan dari DHCP router, tapi dari modem tersebut langsung, jadi segment nya berbeda. Bagaimana cara-nya agar komputer saya ini mendapat IP dari router bukan dari modem? Thanks.

Unknown said...

saya mau tanya kalo untuk router TP-link yang compatible untuk first media tipe apa ya? dan kalo sudah jadi wifi, PC saya, saya matikan wifinya tetap connect atau terputus?

daftar.firstmedia@gmail.com said...

untuk daftar dan harga fastnet terbaru bs cek http://daftarfirstmediajkt.blogspot.com/

daftar.firstmedia@gmail.com said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

saya bertanya : masa sya sudah seting wifi menggunakan cisco sudah bisa. selanjutnya saya mau pecah lagi menggunakan hub kaena mau dipakai 2 gedung wifinya lemah maka mau menggunakan hub... bagaimana caranya mohon petunjuk!

unUe24 said...

saya baru berlangganan 1media, yang mau saya tanyakan adalah bagaimana sharing printer'nya.? sedangkan IP nya kan DHCP

mohon pencerahannya

usahakayaraya said...

Halo mas,
mau nanya nih. selama ini saya sharing internet&printer maupun file ke pc (2 buah)menggunakan kabel utp. pc utama koneksi modem dari fastnet ke pc menggunakan usb (pakai modem motorola surfboard SB5101).pc1 dan pc2 dihubungkan dengan kabel utp untuk sharing internet,printer dan file.Saya ingin menambahkan perangkat wifi supaya bisa sharing juga ke laptop maupun smartphone. Perangkat wifi apa yang tepat dan bagaimana cara settingnya?Saya pernah pinjam wifi n router punya teman saa coba setting sesuai manualnya wifi berfungsi tapi tidak bisa sharing printer/file karena lan nya kepakai untuk konek modem. mohon pencerahannya. terimakasih atas perhatiannya.
Grace

djhanu_ardi said...

Di zaman skrng masih bisa sistem beginian mas jecko.
Terimakasih