..

..

Whois Online?

Sunday, July 15, 2018

Berburu Alat Musik Bekas di HARD OFF - Jepang

Mall Hard Off di Jepang
Tahukah anda bahwa di Jepang banyak terdapat  Mall yang khusus menjual barang bekas? Berbagai brand Mall barang bekas di Jepang diantaranya adalah BOOK OFF, HARD OFF, SECOND STREET, WONDER REX dll.  Nah kali ini saya akan bercerita tentang Mall yang bernama HARD OFF .

Hard off sebagaimana mall barang bekas di Jepang, menjual berbagai barang yang semuanya bekas mulai dari baju, alat rumah tangga, elektronik, alat olahraga, alat musik dan lain-lainnya. Secara kebetulan hobby saya adalah musik, dengan sendirinya jalan-jalan ke Hard Off sambil melihat-lihat alat musik bekas adalah hiburan yang spesial buat saya.


Saya di depan Hard Off Yokohama

Harga alat musik di Hard Off ini bervariasi mulai dari yang murah sampai dengan yang normal. Yang murah biasanya adalah barang-barang yang dikumpulkan dari tempat sampah di Jepang, biasanya labelnya JUNK PART. Biasanya harganya berkisar 1000 Yen atau sekitar 100.000 rupiah. Mungkin anda belum tahu kalau masyarakat Jepang itu hobby membuang barang-barang bekas yang sebenarnya masih sangat layak pakai. 

Jadi seandainya anda tinggal di Jepang, sebenarnya dengan berbekal berburu ke tempat sampah, sebenarnya banyak barang yang bisa diambil. Meskipun begitu anda harus hati-hati, karena beberapa barang bekas meskipun sampah tetapi ada labelnya. Label itu adalah sebagai tanda bahwa barang bekas tersebut telah dibayar biaya pengolahannya, dan rakyat Jepang harus merogoh kantong untuk membuang sampah tersebut. Kalau anda mengambil barang tersebut, bisa-bisa ditangkap polisi di Jepang.

Nah, di bawah ini saya akan tampilkan beberapa foto tentang kondisi alat-alat musik  bekas yang dijual di Hard Off Jepang. Kebetulan yang saya kunjungi ini adalah salah satu Mall Hard Off di Yokohama, Jepang. Beberapa diantaranya adalah:

1. Gitar Bekas

Banyak ragam gitar bekas yang ada di Hard Off dari mulai guitar akuistik, sampai elektrik. Merknya pun bervariasi mulai dari merk papan atas seperti Fender, Ibanez, Yamaha sampai dengan merk yang kita tidak pernah temui di Indonesia. Harganya juga bervariasi sesuai spesifikasi yang ada.







2. Efek Gitar

Banyak jenis efek gitar yang dijual di Jepang, mulai dari yang analog sampai dengan digital. Harganya pun bervariasi. 




 3. Ampli Gitar
Ampli Gitar juga banyak dijual di Jepang, beberapa diantaranya bahkan barang JUNK PART yang harganya hanya sekitar 1000 YEN seperti saya jelaskan di atas. Meskipun Junk Part, tetapi ampli gitar yang dijual biasanya masih berfungsi dengan baik.






4. Keyboard

Keyboard bekas juga banyak dijual di Hard Off, harganya kadang sangat miring, tetapi kadang juga normal rata-rata.




5. Pemutar Audio HIFI dan Speaker

Pemutar Audio dengan sendirinya juga dijual di Hard Off. Ada juga dijual Audio Pro berupa Amplifier, Mixer, Equalizer, atau Speaker. Merk-merk Pro Audio yang terkenal seperti Electro Voice (EV), Yamaha, JBL dapat kita temui di Hard Off. Tetapi yang harus diperhatikan adalah rata-rata tegangannya adalah 110 Volt, sehingga tidak bisa dipakai di Indonesia, kecuali di modif atau kita pakai Trafo Step Down. Tetapi beberapa barang kadang ada juga yang tegangannya 110 sekaligus 220 Volt.






Nah, kira-kira sementara itu yang bisa saya ceritakan tentang alat-alat musik yang ada di Hard  Off, Jepang. Sebenarnya masih banyak yang bisa ditampilkan, nanti akan saya lengkapi di postingan selanjutnya. Terimakasih sudah bersedia membaca, dan silahkan tuliskan comment jika ada pertanyaan atau kesan terkait postingan ini.

No comments: